Responsibility




ALOHAA, WELCOME BACK !!!! setelah sekian lama hiatus karena ada....... 
(tetttt abaikan/berasa kek human busy aja) xixixixi ^_^

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal responsibility (sok inggris :xD), mungkin sebagian dari kita tidak asing dengan kata respons, yapps responsibility sendiri berasal dari suku kata respons yang artinya menganggapi atau memberi respons/tanggapan, kemudian di beri imbuhan (ihh sotoy bet daah :v) menjadi responsibility yang memiliki arti tanggung jawab. 


Yang kita ketahui perihal tanggung jawab adalah bahwa setiap individu didunia ini pasti akan dibebani dengan sebuah rasa tanggung jawab baik itu melibatkan dirinya sendiri, orang banyak, lingkup agama, bangsa maupun negara. Namun secara umum apa si pengertian tanggung jawab itu ??? Dapat dijelaskan bahwa tanggung jawab merupakan suatu kewajiban menanggung atau memikul suatu hal yang terjadi ataupun sudah terjadi dan pastinya kita sendiri sudah mengalami hal tersebut. Disisi lain juga dapat diartikan sebagai perwujudan akan kesadaran individu manusia atas tingkah laku atau perbuatan yang dilakukan nya baik itu disengaja maupun tidak sengaja.


Timbulnya suatu rasa tanggung jawab itu karena pada dasarnya manusia hidup bermasyarakat atau berdampingan dan hidup dalam lingkungan alam. Dengan itu tanggung jawab bersifat kodrati yang mana sudah melekat dan menjadi bagian hidup masing-masing individu. Setiap manusia pasti akan memikul tangung jawab nya sendiri-sendiri, apabila seseorang tidak mau dan tidak bisa memenuhi tanggung jawab nya maka akan ada pihak lain yang memaksakan untuk melakukan tindakan nya itu. Selain itu, dengan kita bertanggung jawab akan menjadi ciri khas untuk menjadi seorang indivdu yang beradab (berbudaya). Seseorang merasa akan tanggung jawab akan suatu hal karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatan yang dilakukan nya itu dan menyadari pula ada pihak lain yang membutuhkan pengorbanan atau pengabdian nya.


Dalam hal ini orang yang bertanggung jawab, merupakan orang yang berani menanggung suatu resiko atas segala hal yang dilakukan atau diperbuat yang menjadi tanggung jawabnya dan dirinya mau berkorban untuk kepentingan orang banyak. Dengan rasa tanggung jawab yang dimiliki nya, individu yang bersangkutan akan selalu berusaha memenuhi kewajiban nya dengan segala potensi yang dimilikinya dan dirinya mampu bersifat jujur terhadap dirinya maupun orang lain, bersifat adil dalam segala hal, bijaksana dan mandiri atas tindakan yang dilakukan nya yang sudah menjadi tanggung jawabnya.


Dengan ini dapat kita disimpulkan bahwa orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagian, sebab dirinya dapat menunaikan kewajiban nya dengan baik. Kebahagiaan tersebut dapat dirasakan oleh dirinya sendiri ataupun oleh orang lain/banyak. Sebaliknya orang yang tidak menunaikan tanggung jawabnya akan menghadapi kesulitan, sebab ia tidak melaksanakan kewajiban nya dengan baik dan tentunya tidak mengikuti aturan, norma serta nilai-nilai yang berlaku.