Quiet






Diam itu emas !!!

Namun apakah kita tau arti dari sebuah kata "diam" ???
Diam memiliki arti dan makna yang beragam, namun dapat dikatakan sebagai kondisi seseorang yang tidak mengeluarkan suara atau tidak memberi tanggapan terhadap sesuatu apapun yang terjadi. Bisa jadi karena orang tersebut tidak mengetahui apa-apa atau bahkan dia memang tidak ingin memberikan tanggapan apapun.


Dalam keadaan diam, kita tetap saja bisa berpikir dengan baik dan berusaha untuk tetap bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan. Selain itu dengan diam, kita bisa menetralkan perasaan kita sehingga selanjutnya kita mampu berpikir lebih jernih untuk mendapatkan suatu gagasan ataupun pendapat yang rasional. Dengan mengambil waktu diam, kita dapat memberikan jeda sejenak untuk pikiran kita lebih tenang dalam arti kita sedang dalam melenturkan benang-benang kusut permasalahan yang menekan kita dan mencoba mencari ujung persoalan untuk bisa diurai dan diselesaikan satu persatu.



Jika kita di hadapkan dalam suatu lingkungan tertentu atau dihadapkan pada suatu kejadian, hendaklah berfikir dahulu sebelum berbicara atau dalam mengeluarkan suatu gagasan. Jika kita merasa apa yang kita ucapkan itu baik dan tidak merugikan siapa pun, maka ucapkanlah. Atau sebaliknya jika kita merasa ucapan tersebut ada mudharat nya atau ia ragu, maka lebih baik di tahan (diam). Seseorang yang banyak bicara berarti banyak celakanya. Bukan berarti seseorang tidak boleh bicara banyak, dan tentunya perkataan yang di bicarakan itu bermanfaat yang dapat membawa pengaruh positif bagi diri kita maupun orang lain dan yang paling utama tidak merugikan orang lain.



Jadi yang dimaksud dengan diam itu emas, adalah untuk kita berbicara yang baik, yang perkataan itu sekiranya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain pada umumnya dan dalam rangka mengajak kebaikan kepada orang lain dengan penuh kelembutan dalam bertutur kata. Lebih baik kita diam, bilamana perkataan itu mengandung maksiat dan bisa menyakiti orang lain atau bahkan menimbulkan fitnah yang tidak diinginkan.