Objective







Objective !!!
Bukan hanya jiwa sang pemimpin yang harus memegang prinsip itu, kita semua pun dianjurkan untuk bersikap objektif dalam memandang segala sesuatu. Karena pandangan objektif adalah pandangan yang melihat sesuatu dengan mempertimbangkan banyak variabel dan tidak menimbulkan diskriminasi sosial. Orang yang bijak adalah orang yang melihat suatu masalah tidak dari pandangan subjektif nya saja, namun sebisa mungkin melihat suatu masalah secara objektif yang tidak akan menyudutkan pihak lain. Sering kita temui, bahkan diri kita sendiri pun kerap kali melakukan sebuah keputusan yang menurut kita terbaik dan objektif, namun sebenarnya sangatlah subjektif dan bisa mengorbankan orang lain atau mungkin sebaliknya.


Tidak kah kita berpikir bagaimana memberikan sebuah statement yang tidak akan melukai orang lain ??? Tidak kah kita berpikir bagaimana memberikan pandangan yang tidak akan menyudutkan orang lain ??? Sebelum kita mengkritik, coba pikirkan dan bayangkan jika kita ada di posisi orang yang di kritik. Pastinya timbul perasaan sedih di hatinya bukan. Dengan itu, berusaha lah kita untuk memandang suatu masalah ini tidak dari ego individu saja atau sudut pandang kita sendiri, tapi berusaha lah untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang orang lain atau sudut pandang si pelaku.



Setiap insan pun di anjurkan untuk senantiasa bersikap objektif terhadap suatu permasalahan yang ada, baik dalam urusan pribadi maupun urusan yang melibatkan banyak orang atau kelompok. Agar senantiasa kita bersikap objektif, kita harus berpikir jernih, bersikap dan berperilaku jujur serta berusaha untuk tidak memberikan penilaian terhadap suatu masalah yang bersifat subjektif. Karena perilaku objektif merupakan manifestasi dari kejujuran seseorang, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. So... Berpikirlah OBJEKTIF !!!