Nervous






Gugup atau lebih populer nya dikenal nervous merupakan sebuah perasaan tertekan yang menyerupai rasa takut yang muncul dalam bentuk khawatir, cemas atau gelisah dan bukanlah sebuah perasaan yang menyenangkan yang terkadang dapat merusak semua persiapan kita. Kita semua pasti pernah merasakan yang namanya gugup, baik saat interaksi sosial, berbicara di depan umum atau bahkan saat ada ancaman tertentu. Rasa gugup ini terkadang terlihat secara nyata seperti kegiatan menggigit kuku, hiperaktif atau bentuk-bentuk lainnya. Namun juga terkadang tidak terlihat secara nyata. Yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah mengakui bahwa kita sedang ada didalam kondisi gugup.



Lalu dari manakah rasa gugup itu datang ???

Pada saat kita berada disituasi tertekan, otak akan mengirimkan sebuah sinyal ke kelenjar adrenalin dalam tubuh kita. Kelenjar adrenalin itu kemudian akan menghasilkan adrenalin yang menyebabkan detak jantung meningkat, pupil melebar dan pengikatan sirkulasi darah di otot dan berakibat timbulnya perasaan gugup. Rasa gugup sebenarnya merupakan salah satu bentuk rasa takut akan suatu hal yang tidak pasti. Mungkin saja dengan alasan terlalu memikirkan kejadian yang akan kita hadapi. 


Memang rasa gugup itu sangat menjengkelkan, dimana saat pemikiran tenang yang kita dibutuhkan, malah kita merasa tertekan akan hal yang tidak jelas. Namun dengan kita membayangkan diri sebagai seorang yang kuat, fokus dan percaya diri dapat membuat kita meminimalisir timbul nya perasaan gugup dan kita menjadi lebih percaya diri yang sebagaimana kita tahu, tanpa percaya diri maka tidak akan ada suatu keberhasilan. Selain itu dengan bekal persiapan dan latihan yang matang merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat membantu kita, yang kemungkinan sangatlah kecil kita akan merasakan gugup menjelang dihari "H".